Pengertian Keaktifan Siswa Ebook 25
Click Here https://bltlly.com/2ttZtm
Pengertian Keaktifan Siswa dan Cara Meningkatkannya dengan Ebook 25
Keaktifan siswa adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Siswa yang aktif dalam belajar akan lebih mudah memahami materi pelajaran, mengembangkan kreativitas, dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas. Namun, bagaimana cara meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Apakah ada bahan ajar yang dapat membantu siswa menjadi lebih aktif
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian keaktifan siswa, ciri-ciri, indikator, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam belajar. Kami juga akan memberikan rekomendasi ebook 25 yang dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.
Apa itu Keaktifan Siswa
Keaktifan siswa adalah suatu kondisi, perilaku, atau kegiatan yang terjadi pada siswa pada saat proses belajar yang ditandai dengan keterlibatan siswa seperti bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas-tugas, dapat menjawab pertanyaan guru dan bisa bekerja sama dengan siswa lain, serta tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan[^1^].
Keaktifan siswa merupakan unsur terpenting dalam pembelajaran, karena keaktifan akan berpengaruh besar pada keberhasilan proses pembelajaran. Semakin tinggi keaktifan siswa, maka keberhasilan proses belajar seharusnya juga menjadi semakin tinggi.
Keaktifan siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar yang beraneka ragam. Menurut Hamalik (2011), terdapat delapan aspek kegiatan belajar siswa, yaitu:
Visual activities (kegiatan-kegiatan visual), seperti membaca, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
Oral activities (kegiatan-kegiatan lisan), seperti mengemukakan suatu fakta, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi, dan interupsi.
Listening activities (kegiatan-kegiatan mendengarkan), seperti mendengarkan uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato, dan sebagainya.
Writing activities (kegiatan-kegiatan menulis), seperti menulis cerita karangan, laporan, tes, angket, menyalin, dan sebagainya.
Drawing activities (kegiatan-kegiatan menggambar), seperti menggambar, membuat grafik, peta, diagaram, pola, dan sebagainya.
Motor activities (kegiatan-kegiatan motorik), seperti melakukan percobaan, membuat konstruksi, model bermain, berkebun, memelihara binatang, dan sebagainya.
Mental activities (kegiatan-kegiatan mental), seperti merenungkan,
mengingat,
memecahkan masalah,
menganalisis,
melihat hubungan,
mengambil keputusan,
dan sebagainya.
Keaktifan dalam proses pembelajaran dapat merangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya,
peserta didik juga dapat melatih berpikir kritis,
serta dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
Ciri-Ciri Keakt 248dff8e21