Tutorial Blender Untuk Pemula Pdf 18l
DOWNLOAD ::: https://cinurl.com/2tvEVm
Tutorial Blender Untuk Pemula Pdf 18l: Cara Membuat Mockup Kemasan dengan Blender
Blender adalah aplikasi pembuatan 3D gratis dan sumber terbuka yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk membuat mockup kemasan. Mockup kemasan adalah representasi visual dari produk yang dikemas dalam bentuk 3D. Mockup kemasan dapat membantu Anda menampilkan desain Anda kepada klien atau audiens dengan lebih realistis dan menarik.
Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat mockup kemasan dengan Blender, menggunakan fitur-fitur seperti modeling, texturing, lighting, dan rendering. Tutorial ini ditujukan untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar Blender dan mengembangkan keterampilan mereka dalam membuat mockup kemasan. Tutorial ini juga tersedia dalam format PDF yang dapat Anda unduh secara gratis.
Langkah-langkah Membuat Mockup Kemasan dengan Blender
Buka Blender dan hapus objek default (kubus, lampu, dan kamera) dengan menekan X dan memilih Delete.
Tekan Shift + A dan pilih Mesh > Cube untuk menambahkan kubus baru ke scene. Kubus ini akan menjadi dasar dari kemasan kita.
Tekan Tab untuk masuk ke mode edit. Tekan A untuk memilih semua vertex. Tekan S, Z, dan 0.1 untuk menskalakan kubus di sumbu Z sehingga menjadi tipis.
Tekan S, X, dan 2 untuk menskalakan kubus di sumbu X sehingga menjadi lebar. Tekan S, Y, dan 1.5 untuk menskalakan kubus di sumbu Y sehingga menjadi panjang.
Tekan A untuk membatalkan seleksi. Tekan B dan seret mouse untuk memilih vertex bagian atas kubus. Tekan G, Z, dan -0.1 untuk menggeser vertex ke bawah sedikit.
Tekan A untuk membatalkan seleksi. Tekan B dan seret mouse untuk memilih vertex bagian bawah kubus. Tekan G, Z, dan -0.1 untuk menggeser vertex ke bawah sedikit.
Tekan A untuk membatalkan seleksi. Tekan B dan seret mouse untuk memilih vertex bagian depan kubus. Tekan G, X, dan -0.1 untuk menggeser vertex ke belakang sedikit.
Tekan A untuk membatalkan seleksi. Tekan B dan seret mouse untuk memilih vertex bagian belakang kubus. Tekan G, X, dan -0.1 untuk menggeser vertex ke belakang sedikit.
Tekan A untuk membatalkan seleksi. Tekan B dan seret mouse untuk memilih vertex bagian kanan kubus. Tekan G, Y, dan -0.1 untuk menggeser vertex ke kiri sedTekan Tab untuk keluar dari mode edit. Sekarang kita memiliki bentuk dasar dari kemasan kita, tapi masih terlihat polos dan datar. Kita perlu menambahkan tekstur untuk membuatnya lebih realistis dan menarik.
Langkah-langkah Menambahkan Tekstur dengan Blender
Buatlah sebuah material baru untuk objek kubus. Ikuti langkah-langkah berikut: Klik kiri pada kubus dan pilih Materials (ikon bola yang terletak di pojok kanan bawah). Klik ikon plus (+) untuk menambahkan material baru. Beri nama material tersebut. Untuk contoh ini, kita akan memberi nama \"kemasan\".[^1^]
Buka tab Texture (ikon kotak bergaris yang terletak di sebelah kanan tab Materials). Klik ikon plus (+) untuk menambahkan tekstur baru. Beri nama tekstur tersebut. Untuk contoh ini, kita akan memberi nama \"label\".[^1^]
Pilih tipe tekstur yang ingin Anda gunakan. Ada banyak pilihan, seperti Clouds, Noise, Image, Video, dan lain-lain. Untuk contoh ini, kita akan menggunakan tipe Image or Movie, karena kita ingin menggunakan gambar sebagai label kemasan kita.[^1^]
Klik tombol Open di bawah bagian Image dan cari gambar yang ingin Anda gunakan sebagai label. Anda bisa menggunakan gambar apa saja yang Anda suka, asalkan berformat JPG, PNG, atau sejenisnya. Untuk contoh ini, kita akan menggunakan gambar berikut:[^1^]
Setelah Anda memilih gambar, Anda akan melihat pratinjau tekstur di bawah bagian Preview. Jika Anda puas dengan pilihan Anda, klik tombol Use Nodes di bagian bawah tab Texture.[^1^]
Buka tab Shading (ikon bola bergradasi yang terletak di sebelah kiri tab Texture). Di sini Anda bisa mengatur bagaimana tekstur Anda akan ditampilkan pada objek kubus. Ada beberapa parameter yang bisa Anda ubah, seperti Color, Specular, Roughness, Normal, dan lain-lain. Untuk contoh ini, kita akan mengubah parameter berikut:[^1^]
Color: Klik pada kotak warna dan pilih warna putih.
Specular: Turunkan nilai ini menjadi 0.1 untuk mengurangi kilauan pada kemasan.
Roughness: Naikkan nilai ini menjadi 0.8 untuk membuat permukaan kemasan lebih kasar.
Normal: Klik pada tombol titik-titik di sebelah kanan kotak normal dan pilih New Texture. Pilih tipe tekstur Noise. Atur nilai Scale menjadi 10 dan Strength menjadi 0.2. Ini akan menambahkan sedikit tekstur pada permukaan kemasan.
Sekarang kita perlu memetakan tekstur label kita ke objek kubus. Buka tab UV Editing (ikon kotak dengan panah-panah yang terletak di pojok kiri atas layar). Di sini Anda bisa melihat dua jendela: jendela 3D View di sebelah kiri dan jendela UV/Image Editor di sebelah kanan.[^1^]
Klik kiri pada objek kubus dan tekan Tab untuk masuk ke mode edit. Tekan A untuk memilih semua face. Tekan aa16f39245